MEDIA PARTNER

Headlines News :

.

InstaForex
PORTAL RESMI BERITA ONLINE METRO SUMUT NEWS CV.CAHAYA BARU NPWP: 02.716.827.7-113.000 WWW.METROSUMUT24.COM PENDIRI HAMDAN NST PEMBINA FORKOMWARI PIMPINAN PERUSAHAAN HAMDAN NST WAKIL PIMPINAN PERUSAHAAN SUPRIADI DEWAN PENASEHAT H.RUSTAM EFENDI NST / AWALUDDIN / RAMLI LUBIS / ISHAK SETIA BUDI / UCOK SELAMAT PENASEHAT HUKUM AGUNG HARJA SH /WANSAKYA PIMPINAN UMUM SYAHRIL KOTO WAKIL PIMPINAN UMUM AWALUDIN PIMPINAN REDAKSI HAMDAN NST WAKIL PIMPINAN REDAKSI CHAIRUL AMRI SH / PJS.RUSMAN REDAKTUR PELAKSANA KEPALA KORDINATOR LIPUTAN WILAYAH RUSMAN REDAKTUR EDITOR MUHAMMAD MUKTI SYAHALI, ST WAKIL REDAKTUR EDITOR PANJI LARAS REDAKTUR RADEN AGUS SALIM / HOTBINER SILAEN / BAMBANG RIANTO SANI/ULFA / ANDRE / RIFAI / AMBIA SH KORDINATOR LIPUTAN SUMUT SYAFRIZAL SE WAKIL KORDINATOR LIPUTAN SUMUT MASHURI LUBIS KORDINATOR LIPUTAN KOTA SISWANTO NST KABIRO MEDAN RAHMAD,S.Pd WAKABIRO MEDAN SOFYAN KABIRO LABURA KEMAT WAKABIRO LABURA ZULHAM MUNTHE REPORTER LABURA SYAHUDIN/SUDARTO/WAGIMAN KABIRO TEBING TINGGI MULYONO REPORTER HAMNAS / MANSUR NST / EDI SARWOTO / DEDY SAPUTRA / LISMAYADI / SUPRI HELMI HSB/WIWIN / ABDUL /SUANTO / BALYANSYAH REPORTER JAKARTA MELVY / SANDY KEPALA KORDINATOR TIM BUSER SUPRIADI KEPALA TIM BUSER ALFIAN BUTAR-BUTAR TIM BUSER/REPORTER SUHENDRA/ALI USMAN/MISLAN WAHYUDI/SUNARIYO/FAISAL OMAR/AHMAD DOMO MAN/MARADAT SIANIPAR/M.SAFRI SIREGAR/IMAM SAFII KABIRO KAB.DELI SERDANG MAHYUDDIN SIREGAR KEPALA TIM BUSER KAB.DELI SERDANG JULISTON PERANGIN-ANGIN BUSER KAB.DELI SERDANG IBEN SINURAT/SETIAWAN PERANGIN ANGIN REPORTER KAB.DELI SERDANG SUTAN EFFENDI HARAHAP/MARUDUT SINURAT OFFICE JALAN YOS SUDARSO KM 7,2 NO.35 E Medan-SUMUT,EMAIL: hamdanpphe@yahoo.co.id / redaksi.lensaberita12@yahoo.com , HP:081377017576-085276059288-081260064447-081396000060 BANK MANDIRI SYARIAH A/N HAMDAN NASUTION NO.REK.7045637958 (KODE BANK 451). KEPADA PIHAK INSTANSI BILA ADA YANG MENGAKU WARTAWAN METRO SUMUT NEWS ONLINE DAN NAMANYA TIDAK TERCANTUM DI BOX REDAKSI HARAP MENGHUBUNGI 081396000060 ATAU MENGHUBUNGI PIHAK YANG BERWAJIB
Home » » Bekerja Hari Ini Hanya untuk Makan Sehari

Bekerja Hari Ini Hanya untuk Makan Sehari

Written By lintassumut on Selasa, 11 September 2012 | 04.26



Belawan,Metro Sumut
Menjadi buruh liar atau sering disebut ‘buruh pelor’ merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak ada yang bisa diharapkan untuk hari esok. Bekerja hari ini hasilnya hanya untuk dimakan sehari.
Suasana di Pelabuhan Belawan tampak hiruk pikuk. Sejumlah buruh bongkar muat saling bergantian memikul dan menarik barang dari kapal yang akan dipindahkan ke truk pengangkut barang. Dengan bermandikan keringat, B Simatupang (40), seorang buruh liar di Pelabuhan Belawan, juga terlihat sibuk melakukan aktivitas bongkar muat barang di areal dermaga pelabuhan itu.


Meski bermandikan keringar, namun tak banyak bayaran yang diterima pria berkulit gelap ini dalam menjalankan pekerjaannya itu. “Kalaupun besok masih ada nafas, belum tentu juga bisa dapat uang. Bekerja sehari untuk dimakan sehari,” kata B Simatupang.

Menurut bapak tiga anak ini, sebelum melakukan pekerjaannya itu, biasanya dia melakukan kesepakatan dulu dengan buruh bongkar muat yang terdaftar di Koperasi TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan. Pasalnya, yang boleh mengerjakan bongkar muat barang di pelabuhan itu adalah buruh yang terdaftar.
“Tadi, karena buruh yang terdaftar itu tak sempat mengerjakannya, maka pekerjaan ini diserahkan kepadaku, dengan kesepakatan, upah kerja dibagi dua,” ungkap warga Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan ini.

Menurutnya, resiko kecelakaan kerja sebagai buruh pelor sangat tinggi. Bahkan, kecelakaan kerja terhadap buruh ‘pelor’ di pelabuhan sudah pernah terjadi. Ketika itu seorang temannya terjatuh dari kapal hingga mengakibatkan nyawa melayang.“Ya beginilah suasana kerja di pelabuhan, kalaupun ada terjadi kecelakaan kerja pada saat aku bekerja itu ditanggung sendiri. Lain kalau buruh yang terdaftar sebagai anggota koperasi, mereka pastinya sudah mengantongi Jamsostek,” ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, aktivitas buruh bongkar muat di pelabuhan ini tak hanya berlangsung dari pagi hingga sore hari, tapi bisa juga hingga malam hari tergantung jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal.“Kalau sandarnya malam, terpaksa kerjanya dari malam sampai pagi. Kalaupun ada razia dari petugas di pelabuhan, kami langsung bersembunyi,” terangnya.

Sementara Ketua Primer Koperasi (Primkop) TKBM ‘Upaya Karya’ Pelabuhan Belawan, Tombang Hutabarat kepada beberapa wartawan mengatakan, pihak koperasi telah mengeluarkan larangan kepada anggota melalui surat keputusan (SK) yang juga ditembuskan ke Administrator Pelabuhan Utama Belawan.
“SK yang melarang buruh liar untuk melakukan kegiatan di pelabuhan sudah dibuat, dan diketahui oleh Adpel serta aparat penegak hukum di pelabuhan. Kalaulah sampai saat ini masih ada aktivitas buruh-buruh liar, itu kita serahkan ke aparat kepolisian untuk melakukan penertiban,” ungkapnya.

Tombang, juga menyebutkan beberapa waktu lalu anggota Komisi B DPRD Kota Medan juga pernah mempertanyakan persoalan tersebut, dan meminta pihak koperasi agar melegalkan para buruh-buruh liar dengan merekrutnya menjadi anggota.“Kita menolak permintaan itu, karena jumlah buruh yang masih produktif dan teregistrasi di koperasi masih banyak, mencapai 2.800 orang dari jumlah keseluruhan 3.400 orang,” jelasnya.(Tim)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

SEPUTAR INFORMASI BERITA

SPOTS

Berita Populer

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Metro Sumut 24.Com - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Free Coupons